Allah Maha Berkehendak

​ٱلسـلام عليكم ورحمة ٱلله وبركاته


_*"ALLAH MAHA BERKEHENDAK"*_


Ketika si bayi Musa ditemukan oleh istri Firaun, Allah atur agar Musa tidak ingin menyusu melainkan hanya kepada ibunya, mari kita tadabburi kisah ini.


Allah mengatakan:

_“dan Kami cegah baginya menyusui dari perempuan lain sebelum itu”_ 


Jadi Allah _‘mengharamkan_’ semua ASI bagi Musa, dengan tujuan yang amat indah agar ia bisa kembali ke ibunya. Begitu, kan?


Hmmm, begitulah skenario Allah untuk Musa, Allah memang menahan suatu perkara penting baginya (untuk segera menyusu) dengan tujuan agar ia mendapat susu yang lebih baik, yaitu dari Ibunya sendiri.


***


Hakikatnya cobaan itu memang seperti itu, _Allah tahan atau Allah ambil sesuatu dari kita_, karena Allah sudah menyiapkan sesuatu yang lebih baik dari itu.


Syaikh Thanthawi dalam tafsirnya mengenai penggalan ayat ini mengatakan:


_Jika Allah mengambil sesuatu darimu apa yang tidak engkau sangka-sangka, maka ketahuilah Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang tidak engkau sangka-sangka pula_


Allahu Akbar!


Untuk itulah, di antara nama Allah adalah _Al-Hakim_, artinya adalah yang tidak ada sedikitpun kesalahan dan luput dari ketentuannya, karena ialah Al-Hakim, yang Maha Bijaksana dalam ketentuan dan ketetapan-Nya. Di antara makna yang terkandung dari nama itu adalah ia bisa jadi memang menurunkan cobaan berupa kehilangan atau musibah ataupun cobaan lainnya dari hal-hal yang tidak kita sukai, karena Allah tahu dan ingin dengan itu kita mendapat kebaikan di masa yang akan datang.


Kita pasti pernah merasakannya, kan? Mendapat musibah, atau suatu ketetapan-Nya yang tidak kita sukai, namun _ternyata berujung amat baik bagi kita_.


Allah memang begitu.

Alhamdulillah 


Semoga Allah menerima amal ibadah kita 

Aamiin... 🤲🏻


       🙏🏼

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post